Menjaga Anak Dari Pengaruh Media
📿 *NOTULEN KAJIAN ONLINE TELAGA SURGA*
📆 Kamis, 30 November 2017
⏰ 19.30 s/d selesai
📚 *MENJAGA ANAK DARI PENGARUH MEDIA*
🧕🏻*Bunda Fahima Indrawati*
💞*Materi*💞
*Menjaga Anak Dari Pengaruh Media*
Disusun : Fahima Indrawati, S.TH
Menurut situs gaya hidup _goodtoknow.co.uk_ merilis data :
# Sembilan dari 10 orangtua telah memberikan gadget untuk balitanya
# Enam dari 10 orangtua mengatakan anak mereka lebih tertarik bermain games terbaru di gadget daripada nonton tv
# sembilan dari 10 orangtua tidak khawatir terhadap aktifitas balita menggunakan gadget
# delapan dari 10 orangtua telah mengunduh lebih dari 10 aplikasi di gadget balitanya
# lebih dari setengah jumlah orangtua tidak melakukan kontrol terhadap anak2nya dalam menggunakan gadget
# sembilan dari 10 orangtua percaya gadget da pat membantu pendidikan, namun faktanya sembilan dari 10 anak menggunakan gadget untuk bermain games
# alasan orangtua memberi gadget kepada balitanya
- menenangkan anak yg rewel
- cara termudah untuk menjaga anak
- membantu proses pemdidikan anak
- praktis dan tidak repot
- ekspresi sayang terhadap anak
# dampak buruk gadget
Menurut American Academi of Pediatric, semakin kecil usia anak berinteraksi dg gadget mk semakin besar daya pengaruhnya terhadap proses tumbuh kembang anak.
1. Susah tidur, layar gadget mengeluarkan _blue light_ yg mengirimkan sinyal yang salah pada otak anak dan membuat bingung sistem tubuh manusia
2. Kurang gerak dan mempercepat obesitas
3. Gangguan pada mata
4. Nyeri/sakit punggung
5. Konsentrasi pendek
6. Kemampuan sosialisasi rendah
7. Rasa cemas berlebih
8. Gangguan mental
9. Perilaku agresif
10. Pelupa
11. Adiktif, terutama pornografi
12. Radiasi
# menurut peneliti Cris Rowan, edukasi atau ilmu pengetahuan yg berasal dari gadget tidak akan bertahan lama dalam memori anak
# dampak positif gadget
Menurut Rimm (2003), dampak positif gadget jika digunakan dengan benar maka:
- menstimulan gerak motorik halus
- daya pikir lebih kreatif
- variasi dlm pola belajar
- menyenangkan bagi anak
- ebih tekun berkonsentrasi
- mempermudah akses ilmu pengetahuan
# masa tumbuh kembang _Golden Age_ 0 - 6 tahun
Sesuai dengan UU no 20/ 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
# pertumbuhan otak 80% di masa golden age. Sebuah fase krusial karena setiap informasi, baik berupa nformasi yang baik atau buruk, akan menjadi dasar terbentuknya karakter, kepribadian dan kemampuan kognitif anak. Termasuk kemampuan bahasa, sosial, moral, agama.
# prinsip stimulasi di era golden age
- berlandaskan kasih sayang
- keteladanan dan contoh yang baik karena anak adalah peniru ulung
- merangsang motorik kasar dan halus dengan cara bermain.
Singer (2012) bermain merupakan sarana anak untuk mengenal dan menjelajahi dunianya, mengembangkan kompetensi dan kreatifitas anak.
- menstimulan daya sosial anak dengan berinteraksi bersama lingkungan sekitar
# hal-hal yg bisa dilakukan orangtua terhadap anak di fase golden age:
- mengenali potensinya
- mengarahkan bakat minat sesuai potensi anak
- mengenali dan mengembangkan kepribadian anak
- beri pujian atas prestasi anak sekecil apapun
- menciptakan suasana tenang
- melibatkan anak dlm kegiatan yg sesuai minat bakat
- mengajarkan kreatifitas
- menghargai dan memotivasi setiap capaian kemampuan anak
- mendorong utk terus belajarl
■ disarikan dr berbagai sumber
Berbicara ttg anak dan aneka ronanya, mk pertama yg perlu kita luruskan adl ttg mindset, persepsi, mafahim, kefahaman bhw Al Qur'an sbg pedoman seorang muslim tlh memberikan rambu2 ttg tarbiyatul awlad :
- QS. Taghabun 13 - 14
- adzdzariyat: 6
Bhw anak adl amanah, karunia, permata, sekaligus fitnah dan ujian bg ortunya
Mk islam memberikan seperangkat nilai tata manhaj dlm hal pendidikan anak.
Mk tantangan terbesar bg ortu dlm pendifikan dan pendampingan anak di zaman now adl tentang GADGET DAN DAMPAKNYA bagi tumbuh kembang anak2 kita
Era millenial, arus serba digital tdk bisa kita bendung dg menjauhkan diri dari pengaruhnya. Terutama gadget, ia bagai pisau bermata 2. Bisa utk kebaikan sekaligus keburukan. Gadget bs mnjd malaikat sekaligus bs berfungsi sbg 'setan gepeng' krn tipisnya.
Yg mnjd masalah bukan benda gadgetnya, tetapi KONTEN nya. Sementara konten di gadget tdk ada "polisi' nya spt televisi ada KPI nya. Meski senyata tiada berfungsi optimal, mk semua konten yg di gadget adl bebas akses.
Runyamnya lg, saat anak terpapar gadget, kemampuan otak usia anak blm cukup mampu utk menyaring ttg nilai benar salah di dlm akses gadget.
Karena itu para pakar konselor psikologi menyarankan bhw :
- anak usia 0 - 6 th maksimal mengakses konten gadget 1 jam/hari. Konten berisi edukasi, spt nyanyian anak, cerita/dongeng dll yg positif utk perkemb tumbuh kembang anak.
- 6- 12 tahun cukup 2 jam / hari
Secara prinsip, anak2 dlm tumbuh kembangnya sangat membutuhkan stimulan2 yg seimbang, yg bersifat motorik halus dan motorik kasar. Mk bermain di alam terbuka dan bebas adl tempat kondusif utk tumbuh kembang anak. Bukan diam di depan gadget. Mengapa anak, khususnya yg menginjak remaja bergantung kpd gadet?
1. Boring
Anak2 kita tumbuh berkembang di zaman yg serba digital, mnjdkan hub sosial spt mesin. Bhkn antar ortu dan anak pun spt mekanik. Tdk ada bonding, tdk ada sentuhan sayangm tdk ada komunikasi yg mengasyikkan. Mk anak mnjd bosan, moody, berontak.
2. Empty
Anak merasa kosong dr kasih sayang ortu, tdk ada perhatian, jiwa tumbuh dlm kekosongan.
3. Angry
Shg anak2 skrg mudah marah, twrsinggung, spt aksi klithih di jogja adl efek dari kondisi ini.
4. Tertekan
Anak2 kita tumbuh di lingk penuh tekanan. Di rumah dituntut oleh ortu, di sekolah dituntut oleh guru, di lingk dituntut oleh sosialnya.
Efek gadget bagi para remaja, jg tdk kalah mengerikan:
- malas belajar
- tdk fokus
- adiktif pornografi
- merusak tubuh
- mudah marah, tersinggung
- tdk bs menata masa depan dll
Yg plg berbahaya adl ADIKTIF PORNOGRAFI
Apa yg harus kita siapkan sbg bunda ortu?
1. Dampingi
Anak blh mengakses gadget dg penfampingan ortu. Ortu berfungsi utk mengarahksn mana yg layak mana yg tidak blh diakses
2. Batasi
Dg cara proteksi konten2 di gadget, ortu jgn sekali2 download konten2 yg justru membahayakan anakm trtm pornografi
3. Buat aturan main di kelg
Buatlah kesepakatan dlm kelg ttg kpn bs mengakses gadget, aturan mainya bgmn, kpn waktunya, dan batasi waktu penggunaannya.
4. Orangtua adl TELADAN PERTAMA dlm penggunaan gadget. Hindari penggunaan gadget saat : makan bersama, berkumpul dlm kelg, dlm kendaraan, di kamar mandi, saat family time, saat bertamu, saat bersama kelg besar kcl hal yg penting.
Simpulan
- bunda di era now hrs lbh smart, sekaligus waspada, tetap melek gadget tp tdk mnjd adiktif
- bunda era now hrs banyak berdoa, berdekat dg Allah saat mendampingi anak2. Krn jiwa mrk Allah yg punya
- jk mndapati anak terindikasi adiktif gadget, mk tdk panik,tetap tenang dg mencari solusi ke pakar
- kpn dikatakan anak adiktif gadget? Saat anak mengakses gadget lbh dari 6 jam/hari
💞*Tanya Jawab*💞
1. Haifa:
Assalamu'alaikum...
Siswa aku Ada yg kecanduan gadget... Dan anehny si ibuny biasa aja... Gmn Caranya mengingatkan si ibu tsb yak bun
*Jawaban*
Dibuat pola komunikasi intensif antara pihak sekolah, guru dan orangtua wali murid
2. Dibuat acr pomg dg tema dampak gadget
3. Sekolah punya kewenangan utk membuat aturan dan penyuluhan kpd wali siswa ttg dampak gadget
4. Sekolah bs mendatang psikolog sbg fasilitator ant sekolah dan ortu siswa
5. Jk adiktif berlanjut... hub dokter... eee bukan.... psikolog
2. Novrina
kapan sebenarnya waktu yg tepat utk mengenal kan anak dgn gadget ?
*Jawaban*
Tdk ada batasan awal usia mengenalkan gadget.
Scr prinsip:
apa sih manfaat gadget buat anak?
Ooo mgk kita melihat, di gadget bs kita isi berbagai aplikasi yg bs merangsang tumbuh kembang otak anak, mgk kita menyangka dg anak2 melihat aplikasi, meski konten sesuai dg usia mrk, kita merasa aman.
Namun kita kembali kpd bhw gadget adl satu benda bermata dua, dan runyamnya di dlm konten2 aplikasi itu semua bs berdampak adiktif.
Paparan konten gadget sama adiktifnya dg rokok, narkoba, krn ada efek kita nikmat utk meneruskan interaksi yg terus menerusm akhirnya ketagihan. Ada hormon di otak yg berfungsi merangsang zat adiktif ini. Hormon dopamin
💞*Closing Statement*💞
1. Bunda.... jadilah cermin utk anak2mu
2. Bunda.... jadilah energi positif yg menghangatkan keluargamu
3. Bunda.... jadilah sahabat utk anak2mu
4. Bunda... doamu tiada berhijab di hadapan Allah di saat malam khalwatmu bersama Rabbmu... mk doakan terus utk kebaikan anak2mu...
Salam cinta.... 😍❤😍
〰〰〰〰〰〰〰🦋
🎤 : Sholcan : *Haifa*
✍🏼 : Sholcan : *Arita*
🌹🐝
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
WAG :
1. Telaga Surga 1 & 2
2. Telaga Surga Junior
FB : Telaga Surga
IG : Telaga_Surga
Youtube : Telaga Surga
Blog : http://telagasurga17.blogspot.co.id
📆 Kamis, 30 November 2017
⏰ 19.30 s/d selesai
📚 *MENJAGA ANAK DARI PENGARUH MEDIA*
🧕🏻*Bunda Fahima Indrawati*
💞*Materi*💞
*Menjaga Anak Dari Pengaruh Media*
Disusun : Fahima Indrawati, S.TH
Menurut situs gaya hidup _goodtoknow.co.uk_ merilis data :
# Sembilan dari 10 orangtua telah memberikan gadget untuk balitanya
# Enam dari 10 orangtua mengatakan anak mereka lebih tertarik bermain games terbaru di gadget daripada nonton tv
# sembilan dari 10 orangtua tidak khawatir terhadap aktifitas balita menggunakan gadget
# delapan dari 10 orangtua telah mengunduh lebih dari 10 aplikasi di gadget balitanya
# lebih dari setengah jumlah orangtua tidak melakukan kontrol terhadap anak2nya dalam menggunakan gadget
# sembilan dari 10 orangtua percaya gadget da pat membantu pendidikan, namun faktanya sembilan dari 10 anak menggunakan gadget untuk bermain games
# alasan orangtua memberi gadget kepada balitanya
- menenangkan anak yg rewel
- cara termudah untuk menjaga anak
- membantu proses pemdidikan anak
- praktis dan tidak repot
- ekspresi sayang terhadap anak
# dampak buruk gadget
Menurut American Academi of Pediatric, semakin kecil usia anak berinteraksi dg gadget mk semakin besar daya pengaruhnya terhadap proses tumbuh kembang anak.
1. Susah tidur, layar gadget mengeluarkan _blue light_ yg mengirimkan sinyal yang salah pada otak anak dan membuat bingung sistem tubuh manusia
2. Kurang gerak dan mempercepat obesitas
3. Gangguan pada mata
4. Nyeri/sakit punggung
5. Konsentrasi pendek
6. Kemampuan sosialisasi rendah
7. Rasa cemas berlebih
8. Gangguan mental
9. Perilaku agresif
10. Pelupa
11. Adiktif, terutama pornografi
12. Radiasi
# menurut peneliti Cris Rowan, edukasi atau ilmu pengetahuan yg berasal dari gadget tidak akan bertahan lama dalam memori anak
# dampak positif gadget
Menurut Rimm (2003), dampak positif gadget jika digunakan dengan benar maka:
- menstimulan gerak motorik halus
- daya pikir lebih kreatif
- variasi dlm pola belajar
- menyenangkan bagi anak
- ebih tekun berkonsentrasi
- mempermudah akses ilmu pengetahuan
# masa tumbuh kembang _Golden Age_ 0 - 6 tahun
Sesuai dengan UU no 20/ 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
# pertumbuhan otak 80% di masa golden age. Sebuah fase krusial karena setiap informasi, baik berupa nformasi yang baik atau buruk, akan menjadi dasar terbentuknya karakter, kepribadian dan kemampuan kognitif anak. Termasuk kemampuan bahasa, sosial, moral, agama.
# prinsip stimulasi di era golden age
- berlandaskan kasih sayang
- keteladanan dan contoh yang baik karena anak adalah peniru ulung
- merangsang motorik kasar dan halus dengan cara bermain.
Singer (2012) bermain merupakan sarana anak untuk mengenal dan menjelajahi dunianya, mengembangkan kompetensi dan kreatifitas anak.
- menstimulan daya sosial anak dengan berinteraksi bersama lingkungan sekitar
# hal-hal yg bisa dilakukan orangtua terhadap anak di fase golden age:
- mengenali potensinya
- mengarahkan bakat minat sesuai potensi anak
- mengenali dan mengembangkan kepribadian anak
- beri pujian atas prestasi anak sekecil apapun
- menciptakan suasana tenang
- melibatkan anak dlm kegiatan yg sesuai minat bakat
- mengajarkan kreatifitas
- menghargai dan memotivasi setiap capaian kemampuan anak
- mendorong utk terus belajarl
■ disarikan dr berbagai sumber
Berbicara ttg anak dan aneka ronanya, mk pertama yg perlu kita luruskan adl ttg mindset, persepsi, mafahim, kefahaman bhw Al Qur'an sbg pedoman seorang muslim tlh memberikan rambu2 ttg tarbiyatul awlad :
- QS. Taghabun 13 - 14
- adzdzariyat: 6
Bhw anak adl amanah, karunia, permata, sekaligus fitnah dan ujian bg ortunya
Mk islam memberikan seperangkat nilai tata manhaj dlm hal pendidikan anak.
Mk tantangan terbesar bg ortu dlm pendifikan dan pendampingan anak di zaman now adl tentang GADGET DAN DAMPAKNYA bagi tumbuh kembang anak2 kita
Era millenial, arus serba digital tdk bisa kita bendung dg menjauhkan diri dari pengaruhnya. Terutama gadget, ia bagai pisau bermata 2. Bisa utk kebaikan sekaligus keburukan. Gadget bs mnjd malaikat sekaligus bs berfungsi sbg 'setan gepeng' krn tipisnya.
Yg mnjd masalah bukan benda gadgetnya, tetapi KONTEN nya. Sementara konten di gadget tdk ada "polisi' nya spt televisi ada KPI nya. Meski senyata tiada berfungsi optimal, mk semua konten yg di gadget adl bebas akses.
Runyamnya lg, saat anak terpapar gadget, kemampuan otak usia anak blm cukup mampu utk menyaring ttg nilai benar salah di dlm akses gadget.
Karena itu para pakar konselor psikologi menyarankan bhw :
- anak usia 0 - 6 th maksimal mengakses konten gadget 1 jam/hari. Konten berisi edukasi, spt nyanyian anak, cerita/dongeng dll yg positif utk perkemb tumbuh kembang anak.
- 6- 12 tahun cukup 2 jam / hari
Secara prinsip, anak2 dlm tumbuh kembangnya sangat membutuhkan stimulan2 yg seimbang, yg bersifat motorik halus dan motorik kasar. Mk bermain di alam terbuka dan bebas adl tempat kondusif utk tumbuh kembang anak. Bukan diam di depan gadget. Mengapa anak, khususnya yg menginjak remaja bergantung kpd gadet?
1. Boring
Anak2 kita tumbuh berkembang di zaman yg serba digital, mnjdkan hub sosial spt mesin. Bhkn antar ortu dan anak pun spt mekanik. Tdk ada bonding, tdk ada sentuhan sayangm tdk ada komunikasi yg mengasyikkan. Mk anak mnjd bosan, moody, berontak.
2. Empty
Anak merasa kosong dr kasih sayang ortu, tdk ada perhatian, jiwa tumbuh dlm kekosongan.
3. Angry
Shg anak2 skrg mudah marah, twrsinggung, spt aksi klithih di jogja adl efek dari kondisi ini.
4. Tertekan
Anak2 kita tumbuh di lingk penuh tekanan. Di rumah dituntut oleh ortu, di sekolah dituntut oleh guru, di lingk dituntut oleh sosialnya.
Efek gadget bagi para remaja, jg tdk kalah mengerikan:
- malas belajar
- tdk fokus
- adiktif pornografi
- merusak tubuh
- mudah marah, tersinggung
- tdk bs menata masa depan dll
Yg plg berbahaya adl ADIKTIF PORNOGRAFI
Apa yg harus kita siapkan sbg bunda ortu?
1. Dampingi
Anak blh mengakses gadget dg penfampingan ortu. Ortu berfungsi utk mengarahksn mana yg layak mana yg tidak blh diakses
2. Batasi
Dg cara proteksi konten2 di gadget, ortu jgn sekali2 download konten2 yg justru membahayakan anakm trtm pornografi
3. Buat aturan main di kelg
Buatlah kesepakatan dlm kelg ttg kpn bs mengakses gadget, aturan mainya bgmn, kpn waktunya, dan batasi waktu penggunaannya.
4. Orangtua adl TELADAN PERTAMA dlm penggunaan gadget. Hindari penggunaan gadget saat : makan bersama, berkumpul dlm kelg, dlm kendaraan, di kamar mandi, saat family time, saat bertamu, saat bersama kelg besar kcl hal yg penting.
Simpulan
- bunda di era now hrs lbh smart, sekaligus waspada, tetap melek gadget tp tdk mnjd adiktif
- bunda era now hrs banyak berdoa, berdekat dg Allah saat mendampingi anak2. Krn jiwa mrk Allah yg punya
- jk mndapati anak terindikasi adiktif gadget, mk tdk panik,tetap tenang dg mencari solusi ke pakar
- kpn dikatakan anak adiktif gadget? Saat anak mengakses gadget lbh dari 6 jam/hari
💞*Tanya Jawab*💞
1. Haifa:
Assalamu'alaikum...
Siswa aku Ada yg kecanduan gadget... Dan anehny si ibuny biasa aja... Gmn Caranya mengingatkan si ibu tsb yak bun
*Jawaban*
Dibuat pola komunikasi intensif antara pihak sekolah, guru dan orangtua wali murid
2. Dibuat acr pomg dg tema dampak gadget
3. Sekolah punya kewenangan utk membuat aturan dan penyuluhan kpd wali siswa ttg dampak gadget
4. Sekolah bs mendatang psikolog sbg fasilitator ant sekolah dan ortu siswa
5. Jk adiktif berlanjut... hub dokter... eee bukan.... psikolog
2. Novrina
kapan sebenarnya waktu yg tepat utk mengenal kan anak dgn gadget ?
*Jawaban*
Tdk ada batasan awal usia mengenalkan gadget.
Scr prinsip:
apa sih manfaat gadget buat anak?
Ooo mgk kita melihat, di gadget bs kita isi berbagai aplikasi yg bs merangsang tumbuh kembang otak anak, mgk kita menyangka dg anak2 melihat aplikasi, meski konten sesuai dg usia mrk, kita merasa aman.
Namun kita kembali kpd bhw gadget adl satu benda bermata dua, dan runyamnya di dlm konten2 aplikasi itu semua bs berdampak adiktif.
Paparan konten gadget sama adiktifnya dg rokok, narkoba, krn ada efek kita nikmat utk meneruskan interaksi yg terus menerusm akhirnya ketagihan. Ada hormon di otak yg berfungsi merangsang zat adiktif ini. Hormon dopamin
💞*Closing Statement*💞
1. Bunda.... jadilah cermin utk anak2mu
2. Bunda.... jadilah energi positif yg menghangatkan keluargamu
3. Bunda.... jadilah sahabat utk anak2mu
4. Bunda... doamu tiada berhijab di hadapan Allah di saat malam khalwatmu bersama Rabbmu... mk doakan terus utk kebaikan anak2mu...
Salam cinta.... 😍❤😍
〰〰〰〰〰〰〰🦋
🎤 : Sholcan : *Haifa*
✍🏼 : Sholcan : *Arita*
🌹🐝
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
WAG :
1. Telaga Surga 1 & 2
2. Telaga Surga Junior
FB : Telaga Surga
IG : Telaga_Surga
Youtube : Telaga Surga
Blog : http://telagasurga17.blogspot.co.id
Komentar
Posting Komentar