Tafsir Surah Al Fajr
✍๐ผ NOTULEN KAJIAN
๐ : Rabu, 05 Desember 2017
⏰ : 19.30 s.d 21.30
๐ : *TAFSIR SURAH AL FAJR*
๐ฐ : *Ustadzah Ratnasari*
๐ *Materi * ๐
Alhmdulillah semua sdh hafal ya surat alfajr, insya Allah
Yg blm hafal ayo semangat menghafal๐๐ป
ุจุณู ุงููู ุงูุฑุญู ู ุงูุฑุญูู
َูุงَْููุฌْุฑِ (1) َََูููุงٍู ุนَุดْุฑٍ (2) َูุงูุดَّْูุนِ َูุงَْููุชْุฑِ (3) َูุงَِّْูููู ุฅِุฐَุง َูุณْุฑِ (4) َْูู ِูู ุฐََِูู َูุณَู ٌ ِูุฐِู ุญِุฌْุฑٍ (5) ุฃََูู ْ ุชَุฑَ ََْููู َูุนََู ุฑَุจَُّู ุจِุนَุงุฏٍ (6) ุฅِุฑَู َ ุฐَุงุชِ ุงْูุนِู َุงุฏِ (7) ุงَّูุชِู َูู ْ ُูุฎَْْูู ู ِุซَُْููุง ِูู ุงْูุจَِูุงุฏِ (8) َูุซَู ُูุฏَ ุงَّูุฐَِูู ุฌَุงุจُูุง ุงูุตَّุฎْุฑَ ุจِุงَْููุงุฏِ (9) َِููุฑْุนََْูู ุฐِู ุงْูุฃَْูุชَุงุฏِ (10) ุงَّูุฐَِูู ุทَุบَْูุง ِูู ุงْูุจَِูุงุฏِ (11) َูุฃَْูุซَุฑُูุง َِูููุง ุงَْููุณَุงุฏَ (12) َูุตَุจَّ ุนََِْูููู ْ ุฑَุจَُّู ุณَْูุทَ ุนَุฐَุงุจٍ (13) ุฅَِّู ุฑَุจََّู َูุจِุงْูู ِุฑْุตَุงุฏِ (14)
Demi fajar, dan malam yang sepuluh, dan yang genap dan yang ganjil, dan malam bila berlalu. Pada yang demikian itu terdapat sumpah (yang dapat diterima) oleh orang-orang yang berakal. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum 'Ad? (Yaitu) penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi, yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu, di negeri-negeri lain, dan kaum Samud yang memotong batu-batu besar di lembah dan kaum Fir 'aun yang mempunyai pasak-pasak (tentara yang banyak), yang berbuat sewenang-wenang dalam negeri, lalu mereka berbuat banyak kerusakan dalam negeri itu, karena itu Tuhanmu menimpakan kepada mereka cemeti azab, sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mengawasi.
Al-Fajr merupakan suatu hal yang telah dimaklumi, yaitu subuh, menurut Ali, Ibnu Abbas, Ikrimah, Mujahid, dan As-Saddi. Diriwayatkan pula dari Masruq dan Muhammad ibnu Ka'b, bahwa makna yang dimaksud dengan fajr ialah fajar Hari Raya Idul Ad-ha, yaitu sepuluh malam terakhir.
Menurut pendapat yang lain, makna yang dimaksud ialah salat yang dikerjakan di saat fajar (salat fajar), sebagaimana yang dikatakan oleh Ikrimah. Dan menurut pendapat lain, makna yang dimaksud ialah seluruh siang hari; ini menurut suatu riwayat yang bersumber dari Ibnu Abbas.
Mengenai sepuluh malam, makna yang dimaksud ialah tanggal sepuluh bulan Zul Hijjah; sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Abbas, Ibnuz Zubair, Mujahid, dan lain-lainnya yang bukan hanya seorang dari kalangan ulama Salaf dan ulama Khalaf.
Di dalam kitab Sahih Bukhari telah disebutkan dari Ibnu Abbas secara marfu':
"ู َุง ู ِْู ุฃََّูุงู ٍ ุงْูุนَู َُู ุงูุตَّุงِูุญُ ุฃَุญَุจُّ ุฅَِูู ุงَِّููู َِِّูููู ู ِْู َูุฐِِู ุงْูุฃََّูุงู ِ" -َูุนِْูู ุนَุดَุฑَ ุฐِู ุงْูุญِุฌَّุฉِ -َูุงُููุง: ََููุง ุงْูุฌَِูุงุฏُ ِูู ุณَุจِِูู ุงَِّููู؟ َูุงَู: "ََููุง ุงْูุฌَِูุงุฏُ ِูู ุณَุจِِูู ุงَِّููู، ุฅَِّูุง ุฑَุฌًُูุง ุฎَุฑَุฌَ ุจَِْููุณِِู َูู َุงِِูู، ุซُู َّ َูู ْ َูุฑْุฌِุนُ ู ِْู ุฐََِูู ุจِุดَْูุกٍ"
Tiada suatu hari pun yang amal saleh lebih disukai oleh Allah padanya selain dari hari-hari ini. Yakni sepuluh hari pertama dari bulan Zul Hijjah. Mereka (para sahabat) bertanya, "Dan juga lebih utama daripada berjihad di jalan Allah?" Rasulullah Saw. menjawab: Dan juga lebih utama daripada berjihad di jalan Allah, terkecuali seseorang yang keluar dengan membawa hartanya untuk berjihad di jalan Allah, kemudian tidak pulang selain dari namanya saja.
Menurut pendapat yang lain, makna yang dimaksud adalah sepuluh hari pertama dari bulan Muharam, menurut apa yang diriwayatkan oleh Abu Ja'far Ibnu Jarir, tetapi tidak menisbatkannya kepada siapa pun sumber yang mengatakannya.
Bahwa yang dimaksud dengan asy-syaf'u ialah sejodoh, dan yang dimaksud dengan al-watru adalah Allah Swt. Abu Abdullah telah meriwayatkan dari Mujahid, bahwa Allah adalah al-watru; sedangkan makhluk-Nya adalah asy-syaf'u alias genap, yakni laki-laki dan perempuan (jantan dan betina).
Ibnu Abu Najih telah meriwayatkan dari Mujahid sehubungan dengan makna firman-Nya: dan yang genap dan yang ganjil. (Al-Fajr: 3) Segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah disebut asy-syaf'u (genap), langit dan bumi, daratan dan lautan, jin dan manusia, matahari dan rembulan, demikianlah seterusnya.
َูุงَِّْูููู ุฅِุฐَุง َูุณْุฑِ}
dan malam bila berlalu. (Al-Fajr: 4)
Mujahid, Abul Aliyah, dan Qatadah telah meriwayatkan dari Zaid ibnu Aslam dan Ibnu Zaid sehubungan dengan makna firman-Nya: dan malam bila berlalu. (Al-Fajr: 4) Yaitu apabila berjalan. Pendapat ini dapat ditakwilkan sesuai dengan apa yang telah dikatakan oleh Ibnu Abbas, yakni telah berlalu. Dapat pula ditakwilkan bahwa makna yang dimaksud dengan berjalan ialah tiba. Juga dapat dikatakan bahwa takwil ini lebih sesuai, mengingat ia menjadi lawan kata dari firman-Nya: Demi fajar. (Al-Fajr: 1)
Karena sesungguhnya makna fajar itu ialah datangnya siang hari dan berlalunya malam hari. Maka apabila firman Allah Swt.: dan malam bila tiba. (Al-Fajr: 4) ditakwilkan dengan pengertian 'datangnya malam hari', berarti makna yang dimaksud ialah bahwa Allah Swt. telah bersumpah dengan menyebut datangnya siang hari dan berlalunya malam hari, juga dengan datangnya malam hari dan berlalunya siang hari
{َْูู ِูู ุฐََِูู َูุณَู ٌ ِูุฐِู ุญِุฌْุฑٍ}
Pada yang demikian itu terdapat sumpah (yang dapat diterima) oleh orang-orang yang berakal. (Al-Fajr: 5)
Maksudnya, bagi orang yang mempunyai akal dan pemikiran. Sesungguhnya akal dinamakan hijr (pencegah) karena ia mencegah pemiliknya dari melakukan perbuatan dan mengeluarkan ucapan yang tidak layak baginya. Dan termasuk ke dalam pengertian ini Hijir Baitullah (Hijir Ismail) karena mencegah orang yang melakukan tawaf dari menempel di temboknya yang termasuk rukun Syami.
Termasuk pula ke dalam pengertian ini Hijrul Yamamah (daerah Yamamah yang dilindungi), dan dikatakan, "Hakim telah menahan si Fulan," bila si hakim mencegahnya dari melakukan aktivitasnya.
ุฃََูู ْ ุชَุฑَ ََْููู َูุนََู ุฑَุจَُّู ุจِุนَุงุฏٍ}
Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum 'Ad? (Al-Fajr: 6)
Mereka adalah orang-orang yang membangkang, angkara murka, sewenang-wenang, pendurhaka terhadap Allah, mendustakan rasul-rasul-Nya lagi mengingkari kitab-kitab-Nya. Maka Allah menyebutkan bagaimana Dia membinasakan mereka dan menghancurkan mereka serta menjadikan mereka sebagai pelajaran dan kisah-kisah umat yang durhaka.
ุฅِุฑَู َ ุฐَุงุชِ ุงْูุนِู َุงุฏِ}
(yaitu) penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi. (Al-Fajr: 7)
Berkedudukan sebagai 'ataf bayan untuk menambah keterangan perihal identitas mereka, dan firman-Nya: yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi. (Al-Fajr: 7) karena mereka menempati kemah-kemah yang terbuat dari bulu, kemudian ditegakkan dengan tiang-tiang yang kuat lagi kokoh. Mereka terkenal sangat kuat di masanya dan paling besar tubuhnya. Untuk itulah rasul mereka (yaitu Nabi Hud a.s.) mengingatkan mereka akan nikmat tersebut dan memberi petunjuk kepada mereka agar nikmat tersebut dijadikan sebagai sarana bagi mereka untuk taat kepada Tuhannya yang telah menciptakan mereka. Hal ini disebutkan oleh Allah Swt.
ุงَّูุชِู َูู ْ ُูุฎَْْูู ู ِุซَُْููุง ِูู ุงْูุจِูุงุฏِ}
yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu, di negeri-negeri lain. (Al-Fajr: 8)
Yakni belum pernah ada suatu kabilah pun yang diciptakan seperti mereka di negeri mana pun, karena mereka memiliki kekuatan yang dahsyat, keras, lagi perawakan mereka besar-besar. Mujahid mengatakan bahwa Iram adalah suatu umat di masa dahulu, yakni kaum 'Ad pertama. Qatadah ibnu Di'amah dan As-Saddi mengatakan bahwa sesungguhnya Iram adalah ibu kota kerajaan kaum 'Ad. Ini merupakan pendapat yang baik, jayyid, lagi kuat.
Mujahid, Qatadah, dan Al-Kalabi mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: yang mempunyai bangunan-bangunanyang tinggi. (Al-Fajr: 7) Mereka adalah suku nomaden dan tidak pernah menetap dalam suatu tempat. Al-Aufi telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa sesungguhnya mereka disebut zatul- 'imadkarena perawakan mereka sangat tinggi. Ibnu Jarir memilih pendapat yang pertama dan menolak pendapat yang kedua, dan ternyata dia benar.
Mungkin sampai 8 ayat dulu ya sobat, kita perbanyak diskusi nya๐
ikwafillah.... tafadhol disimak ya.... pemaparan tafsir ayat 1 sampai dengan 8.
yang sudah kholas, jika ada yang kurang faham bisa langsung kita diskusikan
ูุงููุฌุฑ
Disitu ada huruf ู dan akhirnya berharokat kasroh, klw dibaca jd "wal fajri" yg berarti Allah bersumpah, artinya "demi waktu fajar"
Biasanya Allah bersumpah dg ciptaannya, sprt wal asri demi masa, wadduha demi wkt duha, wal qamari demi bulan wassyamsi demi matahari
Tp kita manusia hanya diperbolehkan bersumpah kpd Allah saja, tdk blh selainnya, wallahi demi Allah atau walladzi nafsi biyadihi demi zat yg diriku berada dlm genggamannya.
Terusin ya yg td keistimewaan waktu fajr, diantara nya yaitu hadis Rasulullah saw "shalat sunah fajr lbh baik drpd dunia dan isinya"
Semoga kita sll melakukan sunah fajr
Shalat fajar=shalat subuh
Ulama salafussholeh sll membagi wkt mlmnya u istirahat, belajar dan ibadah
Krn ada hadis Rasul yg menyatakan bhw Rasul membenci tidur sblm shalat isya dan ngobrol stlh shalat isya
Berdasar hadis siatas mk stlh shalat isya mereka pergunakan u tdr bhkn pd zaman rasul sahabat ini dijadikan undang2
Shgg ada seorg pakar meneliti hadis trsbt yg menyimpulkan dr hasil penelitiannya tidur stlh shalat isya akan memberikan efek yg sangat positif skl 1 jam tdr pd wkt stlh isya sama dengan tdr 3 jam
Krn itulah banyak ulama2 yg hebat luarbiasa pd zaman dulu, beda dg zaman now pd banyak begadangnya๐
Ini br bahas ttg wkt fajr blm ayat dibawahnya yg luar biasa maasya Allah, penuh hikmah u dipelajari, kisah kaum ad dan kaum tsamud, kisah sahat usman bin affan, sahabat hamzah bin abdul mutthalib paman rasul yg sangat dicintainya dll.
๐ *Tanya jawab :* ๐
1. Sy pernah denger kita gak boleh bersumpah,
Bahkan bersumpah demi allah.
Gmn tu bund?
*Jawab*
Boleh bersumpah apalagi dianjurkan pd saat kita berada di pengadilan atau sdg dilantik atau pd saat tertentu yg memang kita hrs bersumpah spy org itu percaya dg apa yg kita ucapkan
Yg tdk blh itu setiap saat setiap ngomong pake demi Allah
Bahkan pd saat dituduh berzina misalnya "naudzubillah" pdhl tdk berzina maka pd saat itu hrs bersumpah atas nama Allah.
_tidak boleh sembarangan ya ustadzah?_
Betul
Krn klw melanggar sumpah berarti hrs menebus kafaratnya dg cara berpuasa 3 hr berturut2.
2. Bunda, kenapa surah Al Fajr diturunkan pada masa itu?
Alquran sll turun sesuai dg keadaan pd zaman trsbt?
*Jawab*
Knp Allah bersumpah dg wkt fajr?
Krn wkt fajr sangat istimewa sekali shgg Allah bersumpah u lbh meyakinkan lg.
3. Kalau sumpahnya melebihi 3 kali gt..apakah puasa hny 3 hri berturut atau 9 hari ustadzah?
*Jawab*
9 hr
Dlm persoalan yg berbeda ya
4. bunda, adakah cara lain untuk membayar kafarah selain dgn berpuasa?
*Jawab*
Klw memang sdh uzur tdk kuat puasa mk blh diganti dg memberi makan fakir miskin
๐ *Closing statement :* ๐
Sahabat surgaku...
Begitu berharganya waktu2 yg sdh disediakan Allah swt u hambanya, waktu kita disini msh di dunia ini waktunya menanam amal sholeh, smg kita bs memanfaatkan waktu2 trsebut dg sebaik2nya, shgg kita menjadi org2 yg bermanfaat, aamiiin
Allahu 'alam bisshowab
Mhnaaf lahir batin
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh.
〰〰〰〰〰〰๐ฆ
๐ค : Sholcan *Arita*
✍๐ผ : Sholcan *Asriana*
๐น๐
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
WAG :
1. Telaga Surga 1 & 2
2. Telaga Surga Junior
FB : Telaga Surga
IG : Telaga_Surga
Youtube : Telaga Surga
Blog : http://telagasurga17.blogspot.co.id/
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
๐ : Rabu, 05 Desember 2017
⏰ : 19.30 s.d 21.30
๐ : *TAFSIR SURAH AL FAJR*
๐ฐ : *Ustadzah Ratnasari*
๐ *Materi * ๐
Alhmdulillah semua sdh hafal ya surat alfajr, insya Allah
Yg blm hafal ayo semangat menghafal๐๐ป
ุจุณู ุงููู ุงูุฑุญู ู ุงูุฑุญูู
َูุงَْููุฌْุฑِ (1) َََูููุงٍู ุนَุดْุฑٍ (2) َูุงูุดَّْูุนِ َูุงَْููุชْุฑِ (3) َูุงَِّْูููู ุฅِุฐَุง َูุณْุฑِ (4) َْูู ِูู ุฐََِูู َูุณَู ٌ ِูุฐِู ุญِุฌْุฑٍ (5) ุฃََูู ْ ุชَุฑَ ََْููู َูุนََู ุฑَุจَُّู ุจِุนَุงุฏٍ (6) ุฅِุฑَู َ ุฐَุงุชِ ุงْูุนِู َุงุฏِ (7) ุงَّูุชِู َูู ْ ُูุฎَْْูู ู ِุซَُْููุง ِูู ุงْูุจَِูุงุฏِ (8) َูุซَู ُูุฏَ ุงَّูุฐَِูู ุฌَุงุจُูุง ุงูุตَّุฎْุฑَ ุจِุงَْููุงุฏِ (9) َِููุฑْุนََْูู ุฐِู ุงْูุฃَْูุชَุงุฏِ (10) ุงَّูุฐَِูู ุทَุบَْูุง ِูู ุงْูุจَِูุงุฏِ (11) َูุฃَْูุซَุฑُูุง َِูููุง ุงَْููุณَุงุฏَ (12) َูุตَุจَّ ุนََِْูููู ْ ุฑَุจَُّู ุณَْูุทَ ุนَุฐَุงุจٍ (13) ุฅَِّู ุฑَุจََّู َูุจِุงْูู ِุฑْุตَุงุฏِ (14)
Demi fajar, dan malam yang sepuluh, dan yang genap dan yang ganjil, dan malam bila berlalu. Pada yang demikian itu terdapat sumpah (yang dapat diterima) oleh orang-orang yang berakal. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum 'Ad? (Yaitu) penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi, yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu, di negeri-negeri lain, dan kaum Samud yang memotong batu-batu besar di lembah dan kaum Fir 'aun yang mempunyai pasak-pasak (tentara yang banyak), yang berbuat sewenang-wenang dalam negeri, lalu mereka berbuat banyak kerusakan dalam negeri itu, karena itu Tuhanmu menimpakan kepada mereka cemeti azab, sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mengawasi.
Al-Fajr merupakan suatu hal yang telah dimaklumi, yaitu subuh, menurut Ali, Ibnu Abbas, Ikrimah, Mujahid, dan As-Saddi. Diriwayatkan pula dari Masruq dan Muhammad ibnu Ka'b, bahwa makna yang dimaksud dengan fajr ialah fajar Hari Raya Idul Ad-ha, yaitu sepuluh malam terakhir.
Menurut pendapat yang lain, makna yang dimaksud ialah salat yang dikerjakan di saat fajar (salat fajar), sebagaimana yang dikatakan oleh Ikrimah. Dan menurut pendapat lain, makna yang dimaksud ialah seluruh siang hari; ini menurut suatu riwayat yang bersumber dari Ibnu Abbas.
Mengenai sepuluh malam, makna yang dimaksud ialah tanggal sepuluh bulan Zul Hijjah; sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Abbas, Ibnuz Zubair, Mujahid, dan lain-lainnya yang bukan hanya seorang dari kalangan ulama Salaf dan ulama Khalaf.
Di dalam kitab Sahih Bukhari telah disebutkan dari Ibnu Abbas secara marfu':
"ู َุง ู ِْู ุฃََّูุงู ٍ ุงْูุนَู َُู ุงูุตَّุงِูุญُ ุฃَุญَุจُّ ุฅَِูู ุงَِّููู َِِّูููู ู ِْู َูุฐِِู ุงْูุฃََّูุงู ِ" -َูุนِْูู ุนَุดَุฑَ ุฐِู ุงْูุญِุฌَّุฉِ -َูุงُููุง: ََููุง ุงْูุฌَِูุงุฏُ ِูู ุณَุจِِูู ุงَِّููู؟ َูุงَู: "ََููุง ุงْูุฌَِูุงุฏُ ِูู ุณَุจِِูู ุงَِّููู، ุฅَِّูุง ุฑَุฌًُูุง ุฎَุฑَุฌَ ุจَِْููุณِِู َูู َุงِِูู، ุซُู َّ َูู ْ َูุฑْุฌِุนُ ู ِْู ุฐََِูู ุจِุดَْูุกٍ"
Tiada suatu hari pun yang amal saleh lebih disukai oleh Allah padanya selain dari hari-hari ini. Yakni sepuluh hari pertama dari bulan Zul Hijjah. Mereka (para sahabat) bertanya, "Dan juga lebih utama daripada berjihad di jalan Allah?" Rasulullah Saw. menjawab: Dan juga lebih utama daripada berjihad di jalan Allah, terkecuali seseorang yang keluar dengan membawa hartanya untuk berjihad di jalan Allah, kemudian tidak pulang selain dari namanya saja.
Menurut pendapat yang lain, makna yang dimaksud adalah sepuluh hari pertama dari bulan Muharam, menurut apa yang diriwayatkan oleh Abu Ja'far Ibnu Jarir, tetapi tidak menisbatkannya kepada siapa pun sumber yang mengatakannya.
Bahwa yang dimaksud dengan asy-syaf'u ialah sejodoh, dan yang dimaksud dengan al-watru adalah Allah Swt. Abu Abdullah telah meriwayatkan dari Mujahid, bahwa Allah adalah al-watru; sedangkan makhluk-Nya adalah asy-syaf'u alias genap, yakni laki-laki dan perempuan (jantan dan betina).
Ibnu Abu Najih telah meriwayatkan dari Mujahid sehubungan dengan makna firman-Nya: dan yang genap dan yang ganjil. (Al-Fajr: 3) Segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah disebut asy-syaf'u (genap), langit dan bumi, daratan dan lautan, jin dan manusia, matahari dan rembulan, demikianlah seterusnya.
َูุงَِّْูููู ุฅِุฐَุง َูุณْุฑِ}
dan malam bila berlalu. (Al-Fajr: 4)
Mujahid, Abul Aliyah, dan Qatadah telah meriwayatkan dari Zaid ibnu Aslam dan Ibnu Zaid sehubungan dengan makna firman-Nya: dan malam bila berlalu. (Al-Fajr: 4) Yaitu apabila berjalan. Pendapat ini dapat ditakwilkan sesuai dengan apa yang telah dikatakan oleh Ibnu Abbas, yakni telah berlalu. Dapat pula ditakwilkan bahwa makna yang dimaksud dengan berjalan ialah tiba. Juga dapat dikatakan bahwa takwil ini lebih sesuai, mengingat ia menjadi lawan kata dari firman-Nya: Demi fajar. (Al-Fajr: 1)
Karena sesungguhnya makna fajar itu ialah datangnya siang hari dan berlalunya malam hari. Maka apabila firman Allah Swt.: dan malam bila tiba. (Al-Fajr: 4) ditakwilkan dengan pengertian 'datangnya malam hari', berarti makna yang dimaksud ialah bahwa Allah Swt. telah bersumpah dengan menyebut datangnya siang hari dan berlalunya malam hari, juga dengan datangnya malam hari dan berlalunya siang hari
{َْูู ِูู ุฐََِูู َูุณَู ٌ ِูุฐِู ุญِุฌْุฑٍ}
Pada yang demikian itu terdapat sumpah (yang dapat diterima) oleh orang-orang yang berakal. (Al-Fajr: 5)
Maksudnya, bagi orang yang mempunyai akal dan pemikiran. Sesungguhnya akal dinamakan hijr (pencegah) karena ia mencegah pemiliknya dari melakukan perbuatan dan mengeluarkan ucapan yang tidak layak baginya. Dan termasuk ke dalam pengertian ini Hijir Baitullah (Hijir Ismail) karena mencegah orang yang melakukan tawaf dari menempel di temboknya yang termasuk rukun Syami.
Termasuk pula ke dalam pengertian ini Hijrul Yamamah (daerah Yamamah yang dilindungi), dan dikatakan, "Hakim telah menahan si Fulan," bila si hakim mencegahnya dari melakukan aktivitasnya.
ุฃََูู ْ ุชَุฑَ ََْููู َูุนََู ุฑَุจَُّู ุจِุนَุงุฏٍ}
Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum 'Ad? (Al-Fajr: 6)
Mereka adalah orang-orang yang membangkang, angkara murka, sewenang-wenang, pendurhaka terhadap Allah, mendustakan rasul-rasul-Nya lagi mengingkari kitab-kitab-Nya. Maka Allah menyebutkan bagaimana Dia membinasakan mereka dan menghancurkan mereka serta menjadikan mereka sebagai pelajaran dan kisah-kisah umat yang durhaka.
ุฅِุฑَู َ ุฐَุงุชِ ุงْูุนِู َุงุฏِ}
(yaitu) penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi. (Al-Fajr: 7)
Berkedudukan sebagai 'ataf bayan untuk menambah keterangan perihal identitas mereka, dan firman-Nya: yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi. (Al-Fajr: 7) karena mereka menempati kemah-kemah yang terbuat dari bulu, kemudian ditegakkan dengan tiang-tiang yang kuat lagi kokoh. Mereka terkenal sangat kuat di masanya dan paling besar tubuhnya. Untuk itulah rasul mereka (yaitu Nabi Hud a.s.) mengingatkan mereka akan nikmat tersebut dan memberi petunjuk kepada mereka agar nikmat tersebut dijadikan sebagai sarana bagi mereka untuk taat kepada Tuhannya yang telah menciptakan mereka. Hal ini disebutkan oleh Allah Swt.
ุงَّูุชِู َูู ْ ُูุฎَْْูู ู ِุซَُْููุง ِูู ุงْูุจِูุงุฏِ}
yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu, di negeri-negeri lain. (Al-Fajr: 8)
Yakni belum pernah ada suatu kabilah pun yang diciptakan seperti mereka di negeri mana pun, karena mereka memiliki kekuatan yang dahsyat, keras, lagi perawakan mereka besar-besar. Mujahid mengatakan bahwa Iram adalah suatu umat di masa dahulu, yakni kaum 'Ad pertama. Qatadah ibnu Di'amah dan As-Saddi mengatakan bahwa sesungguhnya Iram adalah ibu kota kerajaan kaum 'Ad. Ini merupakan pendapat yang baik, jayyid, lagi kuat.
Mujahid, Qatadah, dan Al-Kalabi mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: yang mempunyai bangunan-bangunanyang tinggi. (Al-Fajr: 7) Mereka adalah suku nomaden dan tidak pernah menetap dalam suatu tempat. Al-Aufi telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa sesungguhnya mereka disebut zatul- 'imadkarena perawakan mereka sangat tinggi. Ibnu Jarir memilih pendapat yang pertama dan menolak pendapat yang kedua, dan ternyata dia benar.
Mungkin sampai 8 ayat dulu ya sobat, kita perbanyak diskusi nya๐
ikwafillah.... tafadhol disimak ya.... pemaparan tafsir ayat 1 sampai dengan 8.
yang sudah kholas, jika ada yang kurang faham bisa langsung kita diskusikan
ูุงููุฌุฑ
Disitu ada huruf ู dan akhirnya berharokat kasroh, klw dibaca jd "wal fajri" yg berarti Allah bersumpah, artinya "demi waktu fajar"
Biasanya Allah bersumpah dg ciptaannya, sprt wal asri demi masa, wadduha demi wkt duha, wal qamari demi bulan wassyamsi demi matahari
Tp kita manusia hanya diperbolehkan bersumpah kpd Allah saja, tdk blh selainnya, wallahi demi Allah atau walladzi nafsi biyadihi demi zat yg diriku berada dlm genggamannya.
Terusin ya yg td keistimewaan waktu fajr, diantara nya yaitu hadis Rasulullah saw "shalat sunah fajr lbh baik drpd dunia dan isinya"
Semoga kita sll melakukan sunah fajr
Shalat fajar=shalat subuh
Ulama salafussholeh sll membagi wkt mlmnya u istirahat, belajar dan ibadah
Krn ada hadis Rasul yg menyatakan bhw Rasul membenci tidur sblm shalat isya dan ngobrol stlh shalat isya
Berdasar hadis siatas mk stlh shalat isya mereka pergunakan u tdr bhkn pd zaman rasul sahabat ini dijadikan undang2
Shgg ada seorg pakar meneliti hadis trsbt yg menyimpulkan dr hasil penelitiannya tidur stlh shalat isya akan memberikan efek yg sangat positif skl 1 jam tdr pd wkt stlh isya sama dengan tdr 3 jam
Krn itulah banyak ulama2 yg hebat luarbiasa pd zaman dulu, beda dg zaman now pd banyak begadangnya๐
Ini br bahas ttg wkt fajr blm ayat dibawahnya yg luar biasa maasya Allah, penuh hikmah u dipelajari, kisah kaum ad dan kaum tsamud, kisah sahat usman bin affan, sahabat hamzah bin abdul mutthalib paman rasul yg sangat dicintainya dll.
๐ *Tanya jawab :* ๐
1. Sy pernah denger kita gak boleh bersumpah,
Bahkan bersumpah demi allah.
Gmn tu bund?
*Jawab*
Boleh bersumpah apalagi dianjurkan pd saat kita berada di pengadilan atau sdg dilantik atau pd saat tertentu yg memang kita hrs bersumpah spy org itu percaya dg apa yg kita ucapkan
Yg tdk blh itu setiap saat setiap ngomong pake demi Allah
Bahkan pd saat dituduh berzina misalnya "naudzubillah" pdhl tdk berzina maka pd saat itu hrs bersumpah atas nama Allah.
_tidak boleh sembarangan ya ustadzah?_
Betul
Krn klw melanggar sumpah berarti hrs menebus kafaratnya dg cara berpuasa 3 hr berturut2.
2. Bunda, kenapa surah Al Fajr diturunkan pada masa itu?
Alquran sll turun sesuai dg keadaan pd zaman trsbt?
*Jawab*
Knp Allah bersumpah dg wkt fajr?
Krn wkt fajr sangat istimewa sekali shgg Allah bersumpah u lbh meyakinkan lg.
3. Kalau sumpahnya melebihi 3 kali gt..apakah puasa hny 3 hri berturut atau 9 hari ustadzah?
*Jawab*
9 hr
Dlm persoalan yg berbeda ya
4. bunda, adakah cara lain untuk membayar kafarah selain dgn berpuasa?
*Jawab*
Klw memang sdh uzur tdk kuat puasa mk blh diganti dg memberi makan fakir miskin
๐ *Closing statement :* ๐
Sahabat surgaku...
Begitu berharganya waktu2 yg sdh disediakan Allah swt u hambanya, waktu kita disini msh di dunia ini waktunya menanam amal sholeh, smg kita bs memanfaatkan waktu2 trsebut dg sebaik2nya, shgg kita menjadi org2 yg bermanfaat, aamiiin
Allahu 'alam bisshowab
Mhnaaf lahir batin
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh.
〰〰〰〰〰〰๐ฆ
๐ค : Sholcan *Arita*
✍๐ผ : Sholcan *Asriana*
๐น๐
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
WAG :
1. Telaga Surga 1 & 2
2. Telaga Surga Junior
FB : Telaga Surga
IG : Telaga_Surga
Youtube : Telaga Surga
Blog : http://telagasurga17.blogspot.co.id/
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Komentar
Posting Komentar