Fenomena Remaja Jaman Now
✍๐ผ *NOTULENSI KAJIAN ONLINE*๐ฟ
*GROUP TELAGA SURGA*
*@TELAGA SURGA JUNIOR (TSjR)*
๐ : Ahad, 22 Juli 2018
⏰ : 19.30 wib sd selesai
๐ *"FENOMENA REMAJA ZAMAN NOW"*
๐ฐ *BUNDA HERADINI FAIZAH*
ุจุณู ุงููู ุงูุฑุญู ู ุงูุฑุญูู
ุงูุณูุง ู ุนูููู ู ู ุฑ ุญู ุช ุงููู ู ุจุฑ ูุง ุชู
ุฅَِّู ุงْูุญَู ْุฏَ َِِّููู َูุญْู َุฏُُู ََููุณْุชَุนُُِْููู ََููุณْุชَุบِْูุฑُْู ََููุณْุชَْูุฏِْูู
ِ ََููุนُูุฐُ ุจِุงِููู ู ِْู ุดُุฑُْูุฑِ ุฃَُْููุณَِูุง َูู ِْู ุณَِّูุฆَุงุชِ ุฃَุนْู َุงَِููุง، ู َْู َْููุฏِِู ุงُููู َููุงَ ู ُุถَِّู َُูู َูู َْู ُูุถِْْูู َููุงََูุงุฏَِู َُูู. ุฃَุดَْูุฏُ ุฃَْู ูุงَ ุฅََِูู ุฅِูุงَّ ุงููู َูุฃَุดَْูุฏُ ุฃََّู ู ُุญَู َّุฏًุง ุนَุจْุฏُُู َูุฑَุณُُُْููู. ุงََُّูููู َّ ุตَِّู َูุณَِّูู ْ َูุจَุงุฑِْู ุนََูู ู ُุญَู َّุฏٍ َูุนََูู ุขِِูู َูุตَุญْุจِِู َูู َِู ุงْูุชَุฏَู ุจُِูุฏَุงُู ุฅَِูู َْููู ِ ุงَِْูููุงู َุฉِ.
Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat ALLOH SWT atas segala rahmat, nikmat dan karuniaNya sehingga kita bisa bertemu kembali.. berkumpul bersilaturahmi di majelis ilmu *TELAGA SURGA JUNIOR* yang in sya ALLOH diberkahi dalam ikhtiar keilmuan kita yang terbatas untuk lebih baik lagi dalam bertaqarrub kepada ALLOH, meluruskan niat, menguatkan Azzam berdakwah dalam komunitas ini, memaksimalkan potensi dakwah, menjalankan tugas kita sebagai khalifah didunia yang fana ini.
Shalawat dan salam kita haturkan pd baginda Nabi besar Muhammad SAW, manusia berahklak paling mulia, uswatun hasanah kita, dan inspirasi hidup kita sebagai seorang muslim. Semoga sosok beliau bisa terus memotivasi kita untuk terus menjadi pribadi yang selalu berjuang menjadi lebih baik..Aamiin yaa robbal'alamiin,,,
Alhamdulillah kita bersua lagi dalam majlis ilmi ini
Semoga kebersamaan kita dalam majlis dalam memberi dampak signifikan pada perubahan perilaku kita dan orang2 disekitar kita.
Aamiin
Tema kita malam hari ini adalah :
*FENOMENA REMAJA ZAMAN NOW*
1⃣
Siapakah Remaja itu?
Pada tahun 1965, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan remaja atau adolesens sebagai periode perkembangan antara pubertas, peralihan biologis, dan masa dewasa yang terjadi pada umur 10-20 tahun. Kemudian pada tahun 1971, WHO mengenalkan istilah muda (youth) untuk kelompok umur antara 10-24 tahun (Ediastuti dan Manikam, 2010). Istilah adolesenssendiri berasal dari bahasa latin adolescentia yang berarti tumbuh atau perkembangan menjadi dewasa. Istilah adolesens seperti yang digunakan saat ini, mempunyai arti yang cukup luas di kalangan remaja karena hal ini mencakup kematangan mental, emosional, dan fisik remaja itu sendiri (Hurlock, 1949). Monks dkk.,(1982) mengatakan bahwa remaja merupakan individu yang berusia antara 12-21 tahun yang sudah mengalami peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa, dengan pembagian usia 12-15 tahun adalah masa remaja awal, 15-18 tahun adalah masa remaja pertengahan dan 18-21 tahun adalah masa remaja akhir.
2⃣ *Perubahan Karakteristik Remaja*
Masa remaja merupakan masa paling indah dalam diri seseorang, masa itu merupakan puncak semangat yang menggelora dari setiap individu, tetapi pada masa itulah juga seseorang mengalami yang namanya pencarian identitas diri serta memiliki rasa yang keingintahuan yang sangat besar terhadap sesuatu. Hal ini pada umumnya merupakan sifat alamiah yang deberikan sang Pencipta kepada manusia. Berikut Ini merupakan beberapa karakteristik remaja yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan pada diri remaja, yaitu:
1. Ketidakstabilan emosi.
Emosi yang kurang stabil, cenderung berubah-ubah merupakan ciri yang paling utama terlihat pada anak-anak yang akan memasuki masa remaja mereka. Pada umumnya remaja laki-laki memiliki perubahan emosi yang lebih stabil dari pada perempuan dan hanya berpengaruh terhadap ego dan temperamen nya. Berbeda dengan perempuan yang sangat mengedepankan perasaan mereka. Dalam hal ini, orang tua sangat berperan penting untuk menjaga emosi anak mereka. Orang tua yakni berperan sebagai pengawas sekaligus sahabat, yang bisa mengarahkan dan menenangkan emosi yang memuncak serta tidak stabil tadi.
2. Adanya perasaan kosong akibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup.
Perombakan perasaan merupakan batu loncatan untuk berubah dari kehidupan sebelumnya, dari yang tadinya hanyalah anak-anak yang selalu diatur dan diurus orang tuanya lama kelamaan memiliki keinginan tersendiri. Dalam hal ini remaja akan mengosongkan diri dari didikan orang tuanya dan justru terbuka dengan pengaruh-pengaruh lain, baik pengaruh baik maupun buruk yang dapat mereka pilih sesuatu kehendak emosi mereka. Mereka akan berusaha menunjukkan ketidaktergantungan nya kepada orang tua maupun orang dewasa lainnya.
3. Adanya sikap menentang dan menantang orang tua.
Remaja umumnya mengalami karakter yang suka beragrumen. Mereka berani protes terhadap hal yang tidak disukainya atau tidak sependapat dengannya, termasuk nasihat orang tua. Sikap ini merupakan bentuk perubahan hormonal dan psikologi yang terjadi pada saat memasuki usia remaja dan mempengaruhi pola pikir mereka. Contohnya, seperti bertanya sebab dan akibat, dan alasan kenapa ia harus berbuat demikian, serta logika-logika yang masuk akal.
4. Kegelisahan
Kegelisahan, keadaan tidak tenang menguasai diri remaja, banyak hal diinginkan tetapi remaja tidak sanggup memenuhi semuanya. Banyak cita-cita dan angan-angan yang ingin dicapai setinggi langit. Baik itu rasional maupun irasional, keinginan yang tidak tercapai tersebut akan meninggalkan perasaan gelisah bagi diri remaja. Contoh yang paling umum pada saait ini adalah membludaknya permintaan barang sekunder dan tersier, seperti HP, Tas, Motor dll
Peran orang tua dalam hal ini ialah membatasi terkabulnya permintaan anak-anak mereka, hanya memberikan sesuai kebutuhan, dan memberikan penjelasan yang logis. Agar remaja tidak merasa tertekan atau merasa bahwa mereka tidak dianggap oleh oran tuanya
5. Senang bereksperimentasi dan eksplorasi
Eksplorasi dapat didefinisikan sebagai ketertarikan individu dalam mencari jati diri mengenai nilai, kepercayaan, tujuan dan proses eksplorasi menunjukkan percobaan dengan perbedaan aturan sosial, rencana dan ideologi. Setiap orang pasti suka mencoba hal-hal baru, tidak terkecuali para remaja. Mereka condong akan melakukan hal-hal yang baru, kekinian, trendi, atau sekedar keluar dari jalur untuk mencapai kepuasan.
6. Mempunyai banyak fantasi, khayalan, dan bualan.
Siapa yang tidak pernah berkhayal, memiliki angan-angan, ataupun sekedar bualan belaka? Berangan angan bahwa dirinya seseorang yang hebat misalnya, ataupun membayangkan dirinya sebagai karakter seperti serial kartun. Memiliki khayalan bahwa akan mendapat uang dari langit ataupun bualan lainnya. Remaja sangat suka berfantasi dalam pikiran mereka, membayangkan kehidupan apa yang mereka dapat selanjutnya ataupun memikirkan hal lain. Hal ini masih dapat ditolerir jika hanya sebatas wajar. dan tidak mempengaruhi kejiwaan.
7. Kecenderungan membentuk kelompok dan kecenderungan kegiatan berkelompok.
Pasti diantara kalian pernah membuat suatu geng di sekolah, maupun di kampusnya. Kebersamaan serta kebanggaan yang besar menjadi ciri tersendiri pada setiap kelompok yang dibuat remaja pada umumnya. Tidak jarang kebersamaan yang berlebihan serta kebanggaan tersebut menjadi penyebab munculnya perilaku negatif para remaja. Tawuran misalnya, hanya karena saling olok yang tidak jelas bisa menyebabkan bentrokan berbahaya antar kelompok remaja. Perilaku contek mencontek demi menjaga “kesolidan” yang dibangun. Tetapi jika hal ini dapat diarahkan dengan baik maka akan menciptakan dorongan moril pada sesama remaja. Remaja dapat memperoleh kekuatan dari keadaan bersama karena seperti pepatah yang mengatakan “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.
3⃣
Remaja, sejatinya adalah harapan semua bangsa. Negara-negara yang memiliki remaja yang kuat serta memiliki kecerdasan sprititual, intelektual serta emosional yang kuat menjadikan bangsa tersebut kelak akan menjadi negara yang kuat pula. Perkembangan dunia yang kian menglobal, menjadikan perubahan-perubahan besar terhadap perilaku remaja, namun perubahan tersebut lebih cenderung mengarah pada kegiatan negatif dibanding positifnya. Remaja dalam kondisi ini tentu saja membutuhkan penanganan serta informasi seluas-luasnya mengenai kesehatan reproduksi, pentingnya menata masa depan dengan baik lewat meninggalkan perilaku yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan remaja itu sendiri. Menjalani kehidupan remaja yang jauh dari perilaku seks bebas, pernikahan dini dan ketergantungan pada obat-obatan terlarang serta menjauhkan diri dari bahaya AIDS tentulah membutuhkan perhatian kita semua. Remaja tidak bisa berjalan sendirian tanpa pendampingan orang tua, masyarakat lingkungan serta negaranya.
4⃣
Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Dalam tahap ini, remaja mulai mencari jati dirinya masing-masing. Masa remaja adalah masa di mana seseorang mengalami emosi yang tidak stabil. Oleh karena itu diperlukan kontrol dan pendampingan orang tua agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kontrol pemerintah terhadap edukasi parenting dapat diterapkan ketika suatu Negara menerapkan ideologi Islam.
Dapat dilihat keberhasilan Islam dalam membentuk suatu generasi pejuang, yang tercermin pada era ke-Khilafahan :
๐Usamah bin Zaid 18 tahun; memimpin pasukan yang anggotanya adalah para pembesar sahabat seperti Abu Bakar dan Umar untuk menghadapi pasukan terbesar dan terkuat di masa itu.
๐Sa’d bin Abi Waqqash 17 tahun; yang pertama kali melontarkan anak panah di jalan Allah. Termasuk dari 6 orang ahlus syuro, Rasulullah saw bersabda tentangnya “Ini adalah pamanku, ayo mana paman kalian”
๐Al-Arqom bin Abil Arqom 16 tahun; menjadikan rumahnya sebagai markas dakwah Rasul saw selama 13 tahun berturut-turut.
๐Zubeir bin Awwam 15 tahun; yang pertama kali menghunuskan pedang di jalan Allah. Diakui oleh Rasulullah saw. Sebagai Hawarinya.
๐Zaid bin tsabit 13 tahun; penulis wahyu. Dalam 17 malam mampu menguasai bahasa Suryani sehingga menjadi penerjemah Rasul saw. Hafal kitabullah dan ikut serta kodifikasi Al-Quran.
๐Atab bin Usaid; diangkat oleh Rasul saw. Sebagai gubernur Mekah pada umur 18 tahun.
❣Muadz bin Amr bin Jamuah 13 tahun dan Mu’awidz bin ‘Afra 14 tahun; membunuh Abu Jahal, jenderal kaum musyrikin, pada perang badar.
๐Thalhah bin Ubaidullah 16 tahun; orang Arab paling mulia. Berbai’at untuk mati Rasul saw. Pada perang Uhud dan menjadikan dirinya tameng.
๐Muhammad al-Fatih 22 tahun; menaklukkan Konstantinopel ibukota Byzantium pada saat jenderal agung putus asa.
๐Abdurrahman an-nashir 21 tahun; pada masanya Andalusia mencapai puncak keemasannya. Dia mampu menganulir berbagai pertikaian dan membuat kebangkitan sains yang tiada duanya.
❤Muhammad Al-Qosim 17 tahun; menaklukkan India sebagai seorang jendral agung pada masanya.
5⃣
Apakah seorang ibu tidak menginginkan putra dan putinya menjadi pejuang Islam yang menjadi garda terdepan tentara Islam?
Dalam sebuah hadist “Ketahuilah masing-masing kamu adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpin. Seorang imam adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin anggota keluarganya dan ia dimintai pertanggungjawaban terhadap mereka. Seorang istri juga pemimpin bagi rumah tangga serta anak suaminya dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya.”
Nah, berdasarkan hadis diatas, tidak hanya suami yang dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah. Seorang istri pun juga dimintai pertanggungjawabannya sebagai ummun wa robbatul bayt (ibu dan manajer rumah tangga). Dengan apa seorang ibu mendidik anak-anaknya? Apakah dengan Islam atau dengan sistem kapitalisme, sosialisme? Kapitalisme tegak atas dasar sekularisme (pemisahan agama dengan kehidupan). Ide ini menjadi akidahnya (asas), menjadi qaidah fikriyah (kaedah berpikir), danqiyadah fikriyah (kepemimpinan berpikir). Di dalam ide sekularisme mereka mengakui eksistensi agama.
Tetapi menolak membawa agama ke dalam kehidupan sehari-hari. Ketika berbicara agama, maka hanya ibadah yang mereka maksud. Mereka menolak penerapan hukum-hukum agama dalam kehidupan. Padahal, pembuat hukum tertinggi ialah Allah Sang Maha Pencipta (Al-Khaliq) dan Pengatur (Al-Mudabbir). Allah SWT berfirman : “Hak membuat hukum itu hanyalah milik Allah. Dia telah memerintahkan agar kalian tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak tahu.” (QS. Yusuf 12:40)
Dalam suatu sistem, ketika input baik maka baik pula outputnya. Dampak dari sekularisme tidak bisa dibiarka secara berkelanjutan. Mereka ingin memisahkan agama dari kehidupan. Pada faktanya, ketika sekulerisme diterapkan di suatu Negara hanya kerusakan dalam seluruh aspek kehidupanlah yang ada. Agar sistem ini tidak menyebar semakin dalam ke seluruh sendi kehidupan, diperlukan solusi dari setiap masalah-masalah yang ada, yaitu khilafah ala minhaj an-nubuwah.
Sehingga tanggung jawab pendidikan pada masa remaja ini mutlak ada dipundak bapak sebagai kepala keluarga dan ibu sebagai madrosatul ula
Sudah seperti apakah kita saat ini ???????
In syaa Allah ini materi kita hari ini
silakan dibaca dan dipelajari dl.
๐น *Tanya Jawab :*
1. Bismillah...
Fitri handayani mau tanya bunda,
*Bagaimana caranya agar bisa mengendalikan diri di Kala emosi??*
Terima kasih bunda๐
๐ง๐ปJawab :
Rosululloh mengajarkan kepada kita
Ketika kita sedang marah dlm keadaan berdiri, duduk, jika masih marah, berbaring, jika masih marah, wudhu dan sholat 2 rokaat
Selain itu dengan banyak2 membaca istighfar dan meninggalkan tempat atau situasi yang dpt memacu emosi
Selain itu juga menahan diri dari makan2nan yang subhat. Makan yg halal dan toyyib.
2⃣Annida
Bunda mau tanya, gimana caranya melibatkan Allah dalam setiap urusan..
Terimakasih bun
✍๐ป Jawab :
Bagaimana cara melibatkan Allah ?
Konsep sederhana dr ustadz yusuf mansur : Allah dulu. Allah lagi. Allah terus
Misal kita pengen beli lap top. Bilang ke Allah dl. Ya Allah, aku pengen laptop. Kasih uang dong. Biar bs kebeli. Kmd usaha. Bismillah.
Trus ketika ada yg nawari nikah. Sholat istikharoh atau sholat malem. Habis itu ngobrol sama Allah. Nnt ketemu solusinya.
๐น *Closing Statement :*
Pepatah bilang, remaja adalah harapan bangsa
Remaja juga harapan ummat
Dipundaknyalah disematkan harapan akan kebangkitan Islam dimasa depan
Maka wahai pemuda, persiapkan diri sejak sekarang. Agar harapan itu tak pupus ditengah jalan
Sy akhiri, afwan minkun ada kurang nya itu dr sy pribadi, kebaikan itu dr Allah, fastabiqul khairat,
Allahu yubarik fiikum
ุฌَุฒَุงُูู ُ ุงُّููู ุฎَْูููููุฑًุง َูุซِْูุฑًุง
ุฃَُُْููู َِْْูููู َูุฐَุง َูุฃَุณْุชَุบِْูุฑُْูุง ุงَููู ِْูู ََُูููู ْ
َู ุงูุณَّูุงَู ُ ุนََُْูููู ْ َูุฑَุญْู َุฉُ ุงِููู َูุจَุฑََูุงุชُُู
๐๐นHeradini Faizah, S.Psi๐น๐
〰〰〰〰〰〰๐ฆ
๐ค : Sholcan *Nidar*
✍๐ผ : Sholcan *Arni*
๐น
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
WAG : Telaga Surga
FB : Telaga Surga
IG : Telaga_Surga
Youtube : Telaga Surga
Blog : http://telagasurga17.blogspot.co.id/
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
๐๐
*GROUP TELAGA SURGA*
*@TELAGA SURGA JUNIOR (TSjR)*
๐ : Ahad, 22 Juli 2018
⏰ : 19.30 wib sd selesai
๐ *"FENOMENA REMAJA ZAMAN NOW"*
๐ฐ *BUNDA HERADINI FAIZAH*
ุจุณู ุงููู ุงูุฑุญู ู ุงูุฑุญูู
ุงูุณูุง ู ุนูููู ู ู ุฑ ุญู ุช ุงููู ู ุจุฑ ูุง ุชู
ุฅَِّู ุงْูุญَู ْุฏَ َِِّููู َูุญْู َุฏُُู ََููุณْุชَุนُُِْููู ََููุณْุชَุบِْูุฑُْู ََููุณْุชَْูุฏِْูู
ِ ََููุนُูุฐُ ุจِุงِููู ู ِْู ุดُุฑُْูุฑِ ุฃَُْููุณَِูุง َูู ِْู ุณَِّูุฆَุงุชِ ุฃَุนْู َุงَِููุง، ู َْู َْููุฏِِู ุงُููู َููุงَ ู ُุถَِّู َُูู َูู َْู ُูุถِْْูู َููุงََูุงุฏَِู َُูู. ุฃَุดَْูุฏُ ุฃَْู ูุงَ ุฅََِูู ุฅِูุงَّ ุงููู َูุฃَุดَْูุฏُ ุฃََّู ู ُุญَู َّุฏًุง ุนَุจْุฏُُู َูุฑَุณُُُْููู. ุงََُّูููู َّ ุตَِّู َูุณَِّูู ْ َูุจَุงุฑِْู ุนََูู ู ُุญَู َّุฏٍ َูุนََูู ุขِِูู َูุตَุญْุจِِู َูู َِู ุงْูุชَุฏَู ุจُِูุฏَุงُู ุฅَِูู َْููู ِ ุงَِْูููุงู َุฉِ.
Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat ALLOH SWT atas segala rahmat, nikmat dan karuniaNya sehingga kita bisa bertemu kembali.. berkumpul bersilaturahmi di majelis ilmu *TELAGA SURGA JUNIOR* yang in sya ALLOH diberkahi dalam ikhtiar keilmuan kita yang terbatas untuk lebih baik lagi dalam bertaqarrub kepada ALLOH, meluruskan niat, menguatkan Azzam berdakwah dalam komunitas ini, memaksimalkan potensi dakwah, menjalankan tugas kita sebagai khalifah didunia yang fana ini.
Shalawat dan salam kita haturkan pd baginda Nabi besar Muhammad SAW, manusia berahklak paling mulia, uswatun hasanah kita, dan inspirasi hidup kita sebagai seorang muslim. Semoga sosok beliau bisa terus memotivasi kita untuk terus menjadi pribadi yang selalu berjuang menjadi lebih baik..Aamiin yaa robbal'alamiin,,,
Alhamdulillah kita bersua lagi dalam majlis ilmi ini
Semoga kebersamaan kita dalam majlis dalam memberi dampak signifikan pada perubahan perilaku kita dan orang2 disekitar kita.
Aamiin
Tema kita malam hari ini adalah :
*FENOMENA REMAJA ZAMAN NOW*
1⃣
Siapakah Remaja itu?
Pada tahun 1965, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan remaja atau adolesens sebagai periode perkembangan antara pubertas, peralihan biologis, dan masa dewasa yang terjadi pada umur 10-20 tahun. Kemudian pada tahun 1971, WHO mengenalkan istilah muda (youth) untuk kelompok umur antara 10-24 tahun (Ediastuti dan Manikam, 2010). Istilah adolesenssendiri berasal dari bahasa latin adolescentia yang berarti tumbuh atau perkembangan menjadi dewasa. Istilah adolesens seperti yang digunakan saat ini, mempunyai arti yang cukup luas di kalangan remaja karena hal ini mencakup kematangan mental, emosional, dan fisik remaja itu sendiri (Hurlock, 1949). Monks dkk.,(1982) mengatakan bahwa remaja merupakan individu yang berusia antara 12-21 tahun yang sudah mengalami peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa, dengan pembagian usia 12-15 tahun adalah masa remaja awal, 15-18 tahun adalah masa remaja pertengahan dan 18-21 tahun adalah masa remaja akhir.
2⃣ *Perubahan Karakteristik Remaja*
Masa remaja merupakan masa paling indah dalam diri seseorang, masa itu merupakan puncak semangat yang menggelora dari setiap individu, tetapi pada masa itulah juga seseorang mengalami yang namanya pencarian identitas diri serta memiliki rasa yang keingintahuan yang sangat besar terhadap sesuatu. Hal ini pada umumnya merupakan sifat alamiah yang deberikan sang Pencipta kepada manusia. Berikut Ini merupakan beberapa karakteristik remaja yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan pada diri remaja, yaitu:
1. Ketidakstabilan emosi.
Emosi yang kurang stabil, cenderung berubah-ubah merupakan ciri yang paling utama terlihat pada anak-anak yang akan memasuki masa remaja mereka. Pada umumnya remaja laki-laki memiliki perubahan emosi yang lebih stabil dari pada perempuan dan hanya berpengaruh terhadap ego dan temperamen nya. Berbeda dengan perempuan yang sangat mengedepankan perasaan mereka. Dalam hal ini, orang tua sangat berperan penting untuk menjaga emosi anak mereka. Orang tua yakni berperan sebagai pengawas sekaligus sahabat, yang bisa mengarahkan dan menenangkan emosi yang memuncak serta tidak stabil tadi.
2. Adanya perasaan kosong akibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup.
Perombakan perasaan merupakan batu loncatan untuk berubah dari kehidupan sebelumnya, dari yang tadinya hanyalah anak-anak yang selalu diatur dan diurus orang tuanya lama kelamaan memiliki keinginan tersendiri. Dalam hal ini remaja akan mengosongkan diri dari didikan orang tuanya dan justru terbuka dengan pengaruh-pengaruh lain, baik pengaruh baik maupun buruk yang dapat mereka pilih sesuatu kehendak emosi mereka. Mereka akan berusaha menunjukkan ketidaktergantungan nya kepada orang tua maupun orang dewasa lainnya.
3. Adanya sikap menentang dan menantang orang tua.
Remaja umumnya mengalami karakter yang suka beragrumen. Mereka berani protes terhadap hal yang tidak disukainya atau tidak sependapat dengannya, termasuk nasihat orang tua. Sikap ini merupakan bentuk perubahan hormonal dan psikologi yang terjadi pada saat memasuki usia remaja dan mempengaruhi pola pikir mereka. Contohnya, seperti bertanya sebab dan akibat, dan alasan kenapa ia harus berbuat demikian, serta logika-logika yang masuk akal.
4. Kegelisahan
Kegelisahan, keadaan tidak tenang menguasai diri remaja, banyak hal diinginkan tetapi remaja tidak sanggup memenuhi semuanya. Banyak cita-cita dan angan-angan yang ingin dicapai setinggi langit. Baik itu rasional maupun irasional, keinginan yang tidak tercapai tersebut akan meninggalkan perasaan gelisah bagi diri remaja. Contoh yang paling umum pada saait ini adalah membludaknya permintaan barang sekunder dan tersier, seperti HP, Tas, Motor dll
Peran orang tua dalam hal ini ialah membatasi terkabulnya permintaan anak-anak mereka, hanya memberikan sesuai kebutuhan, dan memberikan penjelasan yang logis. Agar remaja tidak merasa tertekan atau merasa bahwa mereka tidak dianggap oleh oran tuanya
5. Senang bereksperimentasi dan eksplorasi
Eksplorasi dapat didefinisikan sebagai ketertarikan individu dalam mencari jati diri mengenai nilai, kepercayaan, tujuan dan proses eksplorasi menunjukkan percobaan dengan perbedaan aturan sosial, rencana dan ideologi. Setiap orang pasti suka mencoba hal-hal baru, tidak terkecuali para remaja. Mereka condong akan melakukan hal-hal yang baru, kekinian, trendi, atau sekedar keluar dari jalur untuk mencapai kepuasan.
6. Mempunyai banyak fantasi, khayalan, dan bualan.
Siapa yang tidak pernah berkhayal, memiliki angan-angan, ataupun sekedar bualan belaka? Berangan angan bahwa dirinya seseorang yang hebat misalnya, ataupun membayangkan dirinya sebagai karakter seperti serial kartun. Memiliki khayalan bahwa akan mendapat uang dari langit ataupun bualan lainnya. Remaja sangat suka berfantasi dalam pikiran mereka, membayangkan kehidupan apa yang mereka dapat selanjutnya ataupun memikirkan hal lain. Hal ini masih dapat ditolerir jika hanya sebatas wajar. dan tidak mempengaruhi kejiwaan.
7. Kecenderungan membentuk kelompok dan kecenderungan kegiatan berkelompok.
Pasti diantara kalian pernah membuat suatu geng di sekolah, maupun di kampusnya. Kebersamaan serta kebanggaan yang besar menjadi ciri tersendiri pada setiap kelompok yang dibuat remaja pada umumnya. Tidak jarang kebersamaan yang berlebihan serta kebanggaan tersebut menjadi penyebab munculnya perilaku negatif para remaja. Tawuran misalnya, hanya karena saling olok yang tidak jelas bisa menyebabkan bentrokan berbahaya antar kelompok remaja. Perilaku contek mencontek demi menjaga “kesolidan” yang dibangun. Tetapi jika hal ini dapat diarahkan dengan baik maka akan menciptakan dorongan moril pada sesama remaja. Remaja dapat memperoleh kekuatan dari keadaan bersama karena seperti pepatah yang mengatakan “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.
3⃣
Remaja, sejatinya adalah harapan semua bangsa. Negara-negara yang memiliki remaja yang kuat serta memiliki kecerdasan sprititual, intelektual serta emosional yang kuat menjadikan bangsa tersebut kelak akan menjadi negara yang kuat pula. Perkembangan dunia yang kian menglobal, menjadikan perubahan-perubahan besar terhadap perilaku remaja, namun perubahan tersebut lebih cenderung mengarah pada kegiatan negatif dibanding positifnya. Remaja dalam kondisi ini tentu saja membutuhkan penanganan serta informasi seluas-luasnya mengenai kesehatan reproduksi, pentingnya menata masa depan dengan baik lewat meninggalkan perilaku yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan remaja itu sendiri. Menjalani kehidupan remaja yang jauh dari perilaku seks bebas, pernikahan dini dan ketergantungan pada obat-obatan terlarang serta menjauhkan diri dari bahaya AIDS tentulah membutuhkan perhatian kita semua. Remaja tidak bisa berjalan sendirian tanpa pendampingan orang tua, masyarakat lingkungan serta negaranya.
4⃣
Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Dalam tahap ini, remaja mulai mencari jati dirinya masing-masing. Masa remaja adalah masa di mana seseorang mengalami emosi yang tidak stabil. Oleh karena itu diperlukan kontrol dan pendampingan orang tua agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kontrol pemerintah terhadap edukasi parenting dapat diterapkan ketika suatu Negara menerapkan ideologi Islam.
Dapat dilihat keberhasilan Islam dalam membentuk suatu generasi pejuang, yang tercermin pada era ke-Khilafahan :
๐Usamah bin Zaid 18 tahun; memimpin pasukan yang anggotanya adalah para pembesar sahabat seperti Abu Bakar dan Umar untuk menghadapi pasukan terbesar dan terkuat di masa itu.
๐Sa’d bin Abi Waqqash 17 tahun; yang pertama kali melontarkan anak panah di jalan Allah. Termasuk dari 6 orang ahlus syuro, Rasulullah saw bersabda tentangnya “Ini adalah pamanku, ayo mana paman kalian”
๐Al-Arqom bin Abil Arqom 16 tahun; menjadikan rumahnya sebagai markas dakwah Rasul saw selama 13 tahun berturut-turut.
๐Zubeir bin Awwam 15 tahun; yang pertama kali menghunuskan pedang di jalan Allah. Diakui oleh Rasulullah saw. Sebagai Hawarinya.
๐Zaid bin tsabit 13 tahun; penulis wahyu. Dalam 17 malam mampu menguasai bahasa Suryani sehingga menjadi penerjemah Rasul saw. Hafal kitabullah dan ikut serta kodifikasi Al-Quran.
๐Atab bin Usaid; diangkat oleh Rasul saw. Sebagai gubernur Mekah pada umur 18 tahun.
❣Muadz bin Amr bin Jamuah 13 tahun dan Mu’awidz bin ‘Afra 14 tahun; membunuh Abu Jahal, jenderal kaum musyrikin, pada perang badar.
๐Thalhah bin Ubaidullah 16 tahun; orang Arab paling mulia. Berbai’at untuk mati Rasul saw. Pada perang Uhud dan menjadikan dirinya tameng.
๐Muhammad al-Fatih 22 tahun; menaklukkan Konstantinopel ibukota Byzantium pada saat jenderal agung putus asa.
๐Abdurrahman an-nashir 21 tahun; pada masanya Andalusia mencapai puncak keemasannya. Dia mampu menganulir berbagai pertikaian dan membuat kebangkitan sains yang tiada duanya.
❤Muhammad Al-Qosim 17 tahun; menaklukkan India sebagai seorang jendral agung pada masanya.
5⃣
Apakah seorang ibu tidak menginginkan putra dan putinya menjadi pejuang Islam yang menjadi garda terdepan tentara Islam?
Dalam sebuah hadist “Ketahuilah masing-masing kamu adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpin. Seorang imam adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin anggota keluarganya dan ia dimintai pertanggungjawaban terhadap mereka. Seorang istri juga pemimpin bagi rumah tangga serta anak suaminya dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya.”
Nah, berdasarkan hadis diatas, tidak hanya suami yang dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah. Seorang istri pun juga dimintai pertanggungjawabannya sebagai ummun wa robbatul bayt (ibu dan manajer rumah tangga). Dengan apa seorang ibu mendidik anak-anaknya? Apakah dengan Islam atau dengan sistem kapitalisme, sosialisme? Kapitalisme tegak atas dasar sekularisme (pemisahan agama dengan kehidupan). Ide ini menjadi akidahnya (asas), menjadi qaidah fikriyah (kaedah berpikir), danqiyadah fikriyah (kepemimpinan berpikir). Di dalam ide sekularisme mereka mengakui eksistensi agama.
Tetapi menolak membawa agama ke dalam kehidupan sehari-hari. Ketika berbicara agama, maka hanya ibadah yang mereka maksud. Mereka menolak penerapan hukum-hukum agama dalam kehidupan. Padahal, pembuat hukum tertinggi ialah Allah Sang Maha Pencipta (Al-Khaliq) dan Pengatur (Al-Mudabbir). Allah SWT berfirman : “Hak membuat hukum itu hanyalah milik Allah. Dia telah memerintahkan agar kalian tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak tahu.” (QS. Yusuf 12:40)
Dalam suatu sistem, ketika input baik maka baik pula outputnya. Dampak dari sekularisme tidak bisa dibiarka secara berkelanjutan. Mereka ingin memisahkan agama dari kehidupan. Pada faktanya, ketika sekulerisme diterapkan di suatu Negara hanya kerusakan dalam seluruh aspek kehidupanlah yang ada. Agar sistem ini tidak menyebar semakin dalam ke seluruh sendi kehidupan, diperlukan solusi dari setiap masalah-masalah yang ada, yaitu khilafah ala minhaj an-nubuwah.
Sehingga tanggung jawab pendidikan pada masa remaja ini mutlak ada dipundak bapak sebagai kepala keluarga dan ibu sebagai madrosatul ula
Sudah seperti apakah kita saat ini ???????
In syaa Allah ini materi kita hari ini
silakan dibaca dan dipelajari dl.
๐น *Tanya Jawab :*
1. Bismillah...
Fitri handayani mau tanya bunda,
*Bagaimana caranya agar bisa mengendalikan diri di Kala emosi??*
Terima kasih bunda๐
๐ง๐ปJawab :
Rosululloh mengajarkan kepada kita
Ketika kita sedang marah dlm keadaan berdiri, duduk, jika masih marah, berbaring, jika masih marah, wudhu dan sholat 2 rokaat
Selain itu dengan banyak2 membaca istighfar dan meninggalkan tempat atau situasi yang dpt memacu emosi
Selain itu juga menahan diri dari makan2nan yang subhat. Makan yg halal dan toyyib.
2⃣Annida
Bunda mau tanya, gimana caranya melibatkan Allah dalam setiap urusan..
Terimakasih bun
✍๐ป Jawab :
Bagaimana cara melibatkan Allah ?
Konsep sederhana dr ustadz yusuf mansur : Allah dulu. Allah lagi. Allah terus
Misal kita pengen beli lap top. Bilang ke Allah dl. Ya Allah, aku pengen laptop. Kasih uang dong. Biar bs kebeli. Kmd usaha. Bismillah.
Trus ketika ada yg nawari nikah. Sholat istikharoh atau sholat malem. Habis itu ngobrol sama Allah. Nnt ketemu solusinya.
๐น *Closing Statement :*
Pepatah bilang, remaja adalah harapan bangsa
Remaja juga harapan ummat
Dipundaknyalah disematkan harapan akan kebangkitan Islam dimasa depan
Maka wahai pemuda, persiapkan diri sejak sekarang. Agar harapan itu tak pupus ditengah jalan
Sy akhiri, afwan minkun ada kurang nya itu dr sy pribadi, kebaikan itu dr Allah, fastabiqul khairat,
Allahu yubarik fiikum
ุฌَุฒَุงُูู ُ ุงُّููู ุฎَْูููููุฑًุง َูุซِْูุฑًุง
ุฃَُُْููู َِْْูููู َูุฐَุง َูุฃَุณْุชَุบِْูุฑُْูุง ุงَููู ِْูู ََُูููู ْ
َู ุงูุณَّูุงَู ُ ุนََُْูููู ْ َูุฑَุญْู َุฉُ ุงِููู َูุจَุฑََูุงุชُُู
๐๐นHeradini Faizah, S.Psi๐น๐
〰〰〰〰〰〰๐ฆ
๐ค : Sholcan *Nidar*
✍๐ผ : Sholcan *Arni*
๐น
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
WAG : Telaga Surga
FB : Telaga Surga
IG : Telaga_Surga
Youtube : Telaga Surga
Blog : http://telagasurga17.blogspot.co.id/
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
๐๐
Komentar
Posting Komentar